Camilan Nusantara

Perut Punai 110 gr

Rp 12.000

Deskripsi Produk :

Berat Bersih: 110 gr
Kandungan Bahan: Tepung Beras , Gula Merah , Santan , Garam , Kapur sirih
Varian / Rasa: manis / asin

Perut punai adalah kue tradisional khas Bengkulu yang terkenal dengan bentuknya yang unik menyerupai perut burung punai. Kue ini terbuat dari tepung beras, gula merah, dan santan, dan memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis legit.

Perut punai memiliki beberapa nama lain, seperti kue srikaya, kue lapis, kue mangkok, dan kue lepet. Nama-nama ini berbeda-beda di setiap daerah di Bengkulu.

Kue ini biasanya disajikan saat acara-acara spesial, seperti pernikahan, ulang tahun, dan hari raya. Perut punai juga menjadi oleh-oleh khas Bengkulu yang populer bagi wisatawan.

Berikut beberapa fakta menarik tentang perut punai:

  • Sejarah: Perut punai sudah ada sejak zaman dahulu dan konon merupakan kue kesukaan para raja Bengkulu.
  • Proses pembuatan: Perut punai dibuat dengan cara manual, yaitu dengan mengaduk adonan tepung beras, gula merah, dan santan, kemudian dimasukkan ke dalam cetakan dan dikukus.
  • Varian: Perut punai memiliki varian rasa manis dan asin
  • Filosofi: Bentuk perut punai yang bulat melambangkan kesempurnaan dan kemakmuran.
Selengkapnya

Profil UMKM

Krupuk Tuiri:Berawal dari suatu ajang perlombaan bussines plan yang diadakan disalah satu univertas yang ada diIndonesia dengan tema pemanfaatan limbah agar mempunyai nilai guna.Dari situ,mengharuskan kami untuk menemukan ide yang dapat dimanfaatkan disekitar kami untuk dapat dikembangkan menjadi suatu bisnis.Kami memandang Kota Bengkulu merupakan daerah pesisi ryang berbatasan langsung dengan Samudra pasifik,dimana sebagian besarmasyarakat bermata pencarian sebagai nelayan dengan hasil laut yang beragam,dan salah satu yang dominan digunakan untuk olahan kuliner adalah ikan tenggiri.Provinsi Bengkulu berbatasan dengan Provinsi Lampung sebagai salah satu pemasok ikan tenggiri di Sumatra bagian selatan.